Layanan E-mail PNS (PNSMail) Gratis Se-Indonesia


Layanan E-mail PNS (PNSMail) Gratis Se-Indonesia – Pemerintah mengeluarkan program baru yaitu adanya layanan E-mail khusus (PNSMail) untuk semua Pegawai Negeri Sipil (PNS). PNSMail merupakan fasilitas email gratis yang diperuntukkan bagi PNS di seluruh Indonesia. Semua PNS diminta menggunaan alamat email resmi pemerintah. Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 06 Tahun 2013, berlaku efektif mulai 1 Januari 2014. Dalam surat edaran tersebut disebutkan bahwa fasilitas email khusus PNS yang digunakan untuk urusan kedinasan ini bisa didapat dengan registrasi di www.pnsmail.go.id.

Dalam melakukan urusan kedinasan dengan memanfaatkan media surat elektronik serta untuk menjangkau komunikasi yang lebih baik antara pemerintah dan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), pemerintah menetapkan pemanfaatan email nasional bagi seluruh PNS di seluruh Indonesia. Pemanfaatan email resmi pemerintah ini juga merupakan upaya yang dilakukan pemerintah guna menekan potensi kebocoran dokumen kedinasan, yang salah satu solusinya adalah mewajibkan PNS menggunakan alamat email khusus dalam komunikasi persuratan elektronik kegiatan kedinasan.

Fasilitas atau fitur-fitur menarik yang disiapkan pemerintah di email khusus PNS (PNSMail) diantaranya yaitu:
  1. Kapasitas penyimpanan mulai dari 1 GB (Bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan).
  2. Portal Email untuk email eksternal.
  3. Proteksi spam dan virus.
  4. Akses PNSMail dari PDA, tablet, dan ponsel.
Untuk menggunakan email resmi ini, PNS harus menggunakan username yang mencerminkan nama lengkap. Penggunaan username yang tidak mencerminkan nama lengkap tidak akan disetujui. Formatnya namadepan.namabelakang@pnsmail.go.id, dan sebagai contoh seperti ditampilkan di PNSMail yakni muhammad.amin@pnsmail.go.id.

Demikian informasi program baru bagi PNS di seluruh Indonesia, semoga bermanfaat. Amin.
Sumber: Abdima

No comments:

Post a Comment