Tips Menghadapi Rasa Galau, Takut, Malu, Nervous, atau Pesimis


Siapa dan apa aktivitas harian Kamu? Ini hanyalah pertanyaan saya yang tidak perlu dijawab, karena pada dasarnya apa pun aktivitas itu pasti punya sisi persamaan dan perbedaan. Namun, saya tidak akan membicarakan keduanya. Kesiapanlah yang perlu kita ketahui.
Pada dasarnya segala sesuatu butuh persiapan. Ya, jika ingin meraih hasil maksimal tentu tidak boleh melupakannya. Apalagi aktivitas yang menyangkut keterlibatan orang lain. Karena, sebaik-baik hasil pencapaian akan lebih baik lagi jika ada persiapkan sebelumnya.
Kenapa demikian? Sudah rahasia umum jika persiapan menjadi faktor penting penentu kesuksesan kegiatan. Nah, permasalahannya bagaimana jika segala sesuatunya sudah disiapkan tapi masih ada satu hal yang dirasa belum siap, yaitu mental?
Sobat, mental juga berandil besar penentu keberhasilan. Untuk itu, Kamu perlu mengontrolnya dengan cara menjaga emosi. Jika Kamu belum terbiasa, bisa jadi Kamu akan merasa canggung, takut, dan khawatir sebelum memulai. Lantas, bagaimana untuk mengatasinya? Berikut tips Mamaz Ucup agar bisa menghadapi rasa takut:

Pertama, yakinkan dirimu kalau kamu bisa melakukannya!
Sesuatu itu untuk dihadapi bukan dihindari. Jika kamu merasa takut sesuatu dan selalu menghindar darinya, kamu tidak akan pernah senang saat menghadapinya. Tapi jika kamu paksakan untuk berani, kamu akan melihat hasil yang menyenangkan setelahnya.  Untuk itu, boleh-boleh saja kamu khawatir dan galau sebelum memulai. Tapi satu-stunya cara untuk menghilangkan ketakutan dan kegalauan adalah menghadapinya.
Nah, jika kamu sudah menyadari hal itu, kini saatnya merubah keraguan kamu menjadi keyakinnan. Yakin dan yakinlah kalau kamu bisa menakhlukannya. Dengan begitu, satu beban sudah menjadi ringan.

Kedua, siapkan segala sesuatu yang diperlukan!
Ok broo...persiapan sangat penting bro buat nyokong keyakinan bahwa kamu bisa melakukannya. Logikanya gini ni, kamu mau shooping di Sollo Grand Mall (SGM), tapi belum hafal tempatnya. Tanpa banyak pikir kamu langsung berangkat. Lantas apa yang kamu pikirkan saat perjalanan? Galauuuu.....ya, bandingkan jika sebelumnya kamu sudah menanyakan tempatnya pada temanmu yang tahu. Kamu juga menuliskan denahnya untuk bantuan saat kesana. Pasti kamu tidak akan segalauuuu yang pertama. Jadi, jangan lupa disiapkan dulu sesuatunya ya brooooo.

Ketiga, siapkan langkah-langkah antisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan!
Pernahkah kamu memikirkan kalau aktivitas yang akan kamu lakukan tidak sesuai rencana? Jika pernah saya yakin kamu akan tambah galau. Kenapa bisa? Ya, itu akan menambah rasa khawatir dan menumbuhkan rasa takut. Karena tidak ada orang yang senang akan kegagalan. Tapi itu perasaan yang wajar bagi siapa saja sebelum melaksanakannya. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan juga langkah-langkah antisipasi jika rencana pertama gagal. Dengan demikian kamu tidak perlu meresahkannya lagi, karena jika tidak sesuai rencana, kamu sudah siap dengan langkah cadangan.

Keempat, praktikkan dulu bagaimana mestinya tindakan dan sikapmu nanti!
Ini penting. Bagi pemula yang tidak bisa mengendalikan ketakutannya akan berpengaruh pada tindakan dan sikapnya. Untuk itu, praktikkan dulu tindakan dan sikap kamu nanti bagaimana agar saat pelaksanaan sudah terlatih.

Kelima, pastikan sekali lagi kalau kamu benar-benar sudah siap melakukannya!
Sebelum kamu benar-benar memulai pekerjaan itu, pastikan lagi kalau kamu benar-benar sudah menyiapkan segalanya dan telah mengetahui apa yang harus kamu lakukan! Dengan begitu kamu akan merasa lebih yakin lagi dan percaya diri kamu akan meningkat.

Keenam, berdoalah agar diberi kemudahan dan kesuksesan!
Kita sadar kesempurnaan hanya milik Allah. Manusia hanya berusaha dan berdo’a dan Allah lah penentunya. Setelah kamu merasa siap, memohonlah pada Allah agar aktivitas yang akan kamu lakukan tersebut berjalan lancar dan meraih keberhasilan. Jika kamu yakin dengan do’a kamu, Insya Allah akan terkabulkan.

Demikian sedikit tips dari saya semoga bermanfaat. Amin.


2 comments:

  1. bagian ini "Logikanya gini ni, kamu mau shooping di Sollo Grand Mall (SGM), tapi belum hafal tempatnya. Tanpa banyak pikir kamu langsung berangkat. Lantas apa yang kamu pikirkan saat perjalanan? Galauuuu...." kok agak lebay ya..hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa..menurut ana, emang terkadang kita perlu untuk lebay supaya hidup ini gak standar2 amat. Terimakasi atas komentarnya, ditunggu masukannya yang lain.

      Delete