Skip to main content

Lawan Kesuksesan; Faktor dan Kebiasaan Orang-orang Gagal

Hindari Kegagalan
Gagal adalah lawan dari sukses. Thomas Edison mengatakan “Sesungguhnya kegagalan hanya masalah keegoisan saja. Orang-orang tidak bekerja keras karena di dalam keegoisan mereka, mereka membayangkan bahwa mereka akan sukses tanpa melakukan usaha apa-apa”

Seperti orang sukses yang mempunyai kebiasaan baik, orang gagal pun mempunyai kebiasaan buruk. Orang yang gagal selalu melakukan enam faktor (kebiasaan) yang sifatnya membuang-buang waktu, yang acapkali tanpa disadari akhirnya terjadi berulang-ulang/terus-menerus di sepanjang hidupnya. Apa saja enam faktor yang dimaksud itu? Berikut penjelasannya:

Faktor pertama adalah masalah kemalasan
Malas adalah penyakit yang mudah menular dan berbahaya. Bahkan pada tingkatan kronis, penyait malas dapat membahayakan jiwa orang yang malas tersebut beserta orang-orang di skitarnya. Salah satu contoh bentuk kemalasan adalah waktu yang dimiliki dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna dan tidak bermanfaat sama sekali, bahkan juga bukan untuk beristirahat. Jika Anda ingin menjadi orang yang berhasil dalam hal tertentu, janganlah bermalas-malasan dalam mencapai hasil yang terbaik. Jika lelah, silahkan istirahat dan gunakan waktu seefektif mungkin.

Faktor kedua adalah masalah penundaan
Ingatlah bahwa penundaan bagi segala sesuatu, sekalipun untuk masalah yang sepele, bisa berakibat fatal; terutama bagi orang yang selalu menunda-nunda dan mengesampingkan hal-hal yang seharusnya bisa dikerjakan sekarang. Lakukan apa yang bisa Anda kerjakan sekarang! Karena waktu terus berjalan.

Faktor ketiga adalah terlena pada gangguan-gangguan sepele
Sobat, jika tugas yang harus Anda lakukan untuk menuju sukses sudah jelas, fokuslah pada pekerjaan itu. Dan perhatikan pekerjaan-pekerjaan lain yang sifatnya tambahan. Karena pekerjaan-pekerjaan itu akan mengganggu dan menghambat pekerjaan pokok Anda. Untuk itu, prioritaskan pekerjaan Anda mana yang mesti didahulukan.

Faktor keempat adalah ketidaksabaran
Ya, segala sesuatu pastinya butuh rasa sabar, apalagi dalam meraih kesuksesan. Karena ketidaksabaran bisa menyebabkan manusia kurang teliti, kurang persiapan, ceroboh, atau kurang efektif dalam menggunakan waktu.

Faktor kelima yakni kepuasan sesaat
Kepuasan sesaat ternyata dapat mengakibatkan orang-orang menjadi sombong, terlena akan keberhasilannya sehingga kemalasan mulai muncul dan akhirnya membuat orang tersebut kembali jatuh dan harus memulai dari awal lagi. Kesuksesan pertama hendaknya dijadikan sebagai motivator untuk lebih meningkatkan kualitas Anda.

Faktor keenam adalah tidak adanya suatu perencanaan
Ya, perencanaan adalah fondasi dalam membangun struktur kesuksesan. Baik perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang tentu harus disiapkan. Apabila rencana tersebut tidak disusun dengan baik dan dilaksanakan, maka kesuksesan dengan sendirinya juga tidak akan tercapai dengan maksimal.
Sumber: Titin S. Pramono
Buka Komentar

Popular posts from this blog