Tips Mengembangkan Bakat Anak

 

Peran orang tua sangat penting dalam mendukung dan menentukan jalan hidup anak. Itulah sebabnya seringkali dikatakan bahwa saat anak tumbuh remaja, posisi orang tua akan berubah layaknya menjadi seorang teman bagi anak. Maka orang tua mestinya bisa menjadi tempat curhat dan konsultasi yang nyaman bagi anak (si remaja); tanpa perlu si anak merasa cemas tidak punya hak suara.

Namun, menentukan pilihan jalan hidup bagi anak tidak semudah yang dibayangkan. karena soal tersebut melibatkan dua pihak, yakni orang tua dan anak, harus ada komunikasi yang baik antara keduanya dalam menentukan sebuah keputusan. Memaksakan kehendak orang tua kepada anak tentu kurang baik. Begitu pula dalam mengembangkan bakat.

Sebesar apa pun bakat seorang anak tidak akan berkembang secara maksimal tanpa dipupuk. Sebaliknya, anak yang bakatnya pas-pasan jika ditangani dengan bimbingan yang tepat akan mampu meraih hasil yang tertinggi. Adapun bentuk bimbingan orang tua dapat dimulai dari hal yang sederhana. Misalnya dengan cara menciptakan lingkungan atau suasana yang mendukung. Langkah detailnya sepeti berikut ini:

  1. Bantulah anak Anda untuk menemukan identitas dirinya (buat catatan harian terkait dengan perkembangan anak, yang berisi perkembangan baru, lengkap dengan tanggal kejadiannya)
  2. Berilah anak Anda ruang untuk mengekspresikan ide dan berpikir secaara mandiri!
  3. Bantulah anak Anda dalam menghadapi dan mengatasi stres!
  4. Doronglah anak Anda selangkah demi selangkah untuk memiliki motivasi dari dalam dirinya sendiri!
  5. Teruslah terlibat dan mendukung prestasi anak, tetapi hindari keterlibatan yang tidak sehat, yakni keterlibatan yang terlalu dalam.
  6. Bantu anak untuk berdisiplin dalam berlatih demi mengembangkan bakatnya (bentuk dan temukan pola dasar anak dalam berlatih)
  7. Jika tiba waktunya, carilah guru khusus untuk memberi les anak Anda!

Demikian tips mengembangkan bakat anak yang dapat saya paparkan. Semoga bermanfaat. Amin.

Sumber: "Bakat dan Hobi Anda adalah Harta Termahal Anda" Karya Titin S. Pramono

No comments:

Post a Comment