Skip to main content

Tips Cara Belajar yang Baik, Efektif, dan Efisien

Sobat, tinggal hitungan jari lagi liburan sekolah usai. Para siswa akan mulai masuk pada tahun pelajaran baru, yaitu tahun pelajaran 2013/2014. Ibarat sebuah perjalanan, saat ini peserta didik akan mulai berangkat. Pastinya dengan persiapan, bekal, dan harapan yang tinggi bahwa perjalanannya nanti akan menyenangkan dan pulang dengan perasaan yang puas.

Dalam hal ini, tentu siswa ingin mendapatkan ilmu yang banyak, bermanfaat, dan bisa lulus dengan memuaskan. lebih-lebih mendapatkan prestasi yang membanggakan. Untuk itu, berikut saya paparkan Tips Cara Belajar yang Baik, efektif, dan efisien kutipan dari buku Power Full in Education.

Yang pertama dan paling utama tanamkan rasa senang belajar!
Tumbuhkan di hati bahwa belajar adalah sesuatu yang menyegarkan. Hadapi dengan penuh keceriaan dan hati bahagia. Aktivitas apapun jika dikerjakan dengan hati senang hasilnya akan memuaskan.

Konsentrasi penuh
Usahakan untuk berkonsentrasi penuh saat guru mengajar dalam kelas.

Membuat catatan sendiri
Menulis kembali pelajaran yang telah diajarkan juga akan membantu, karena sama juga dengan membaca.

Baca ulang dan buat kesimpulan sendiri
Setelah membaca ulang pelajaran, cobalah buat kesimpulan dengan kalimatmu sendiri. Ini akan membantu agar materi tersebut membekas tajam dalam memorimu.

Ulangi kembali pelajaran yang didapat!
Setelah di rumah, baca kembali pelajaran yang telah kamu dapatkan di sekolah. Baca juga pelajaran yang akan diajarkan esok hari secara singkat, buat kerangkanya saja. Begitu pelajaran itu diterangkan esoknya, kamu sudah mempunyai gambaran. Dan sepulang sekolah kamu tinggal mengulang untuk bikin kesimpulan atau ringkasan saja


Mengajari teman
Mengulang pelajaran tidak harus membaca atau menulis ulang pelajaran tapi bisa juga dengan mengajari teman tentang materi yang baru saja diulang. Jangan ragu atau pelit berbagi ilmu dengan teman! Ingat, ilmu itu semakin dibagi akan semakin bertambah.

Menurut penelitian, kita akan mengingat 5% dari yang kita dengar, 10% dari yang kita baca, 20% dari yang kita dengar dan baca, 30% dari yang diperagakan, 50% dari diskusi kelompok, 75% dari yang kita latihan/praktek, 90% dari yang kita ajarkan. Jadi berlomba-lombalah untuk lebih duluan belajar, sehingga bisa mengajari teman. Selain itu, ilmu yang kita ajarkan akan bermanfaat dan mendatangkan pahala.

Jangan belajar mendadak!
Hindari belajar mendadak sebelum ulangan karena kurang efektif.

Buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran!
Jangan lupa untuk selalu membuat ringksan atau kesimpulan pada setiap pelajaran. Kalau perlu, pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

Istirahat yang cukup
Badan yang capek akan tidak baik bagi otak kita. Selain itu, konsentrai juga akan sulit tercapai. Bagilah waktu belajar, bermain, dan istirahat secara seimbang! Yang terpenting, hindari begadang karena dampaknya kurang baik bagi kesehatan.

Menghafal menjelang tidur
Jika kamu ingin menghafal, misalnya UUD dan semacamnya, sebaiknya dilakukan menjelang tidur. Karena disaat tersebut kamu akan lebih mudah ingat akan sesuatu yang kamu pelajari saat bangun pagi harinya. Usahakan tidur dalam kondisi remang (dengan pencahayaan sedikit), sehingga otak kita juga ikut sitirahat.

Belajar kelompok
Belajar kelompok akan menjadi sangat menyenangkan karena ada temannya. Belajar secara kelompok sebaiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar bisa termotivasi dan ketularan pintar.

Selalu disiplin dan tekun belajar
Yang penting di sini adalah kualitas belajarnya. Walaupun hanya 1-2 jam sehari tapi kalau dilakukan setiap hari pasti akan lebih baik dari pada belajar yang sangat lama oada waktu tertentu saja. Misalnya hanya belajar kalau ada ulangan atau ujian saja.

Bersungguh-sungguh dan berdo’a
Mau berusaha dan bekerja keras. Hal ini mutlak diperlukan, karena semuanya butuh disiplin dan tekad yang kuat untuk menjadi lebih baik. Serta yang paling utama adalah berdo’a hanya kepada yang Maha menentukan. Maka selalu berdo’alah dengan khusu’ agar diberi kemudahan.

Bagi yang sudah mau ujian, jangan takut atau cemas
Apakah kamu sudah mau ujian tapi merasa belum siap? Jangan takut atau cemas, kesempatan akan selalu ada jika kita pandai mengambilnya. Belajar dari sekarang belum terlambat, karena sesuatu yang terlambat sebenarnya sesuatu yang tidak pernah dimulai. Jadi mulai dari sekarang, belajarlah yang baik, karena jka kita berniat sungguh-sungguh, berusaha keras dan berdo’a dengan khusu’ maka impian kita akan jadi kenyataan.

Demikian Tips Cara Belajar yang Baik, efektif, dan efisien yang dapat saya paparkan. Semoga bermanfaat. Amin.
Buka Komentar

Comments

Unknown said…
it's goods
Yusuf Efendi said…
thank's....
Unknown said…
thanks your information
Graziani said…
sistem kebut semalam tdk akan efektif, mesti belajar jauh2 hari sblm ujian.
Unknown said…
kalau saja semua orang tahu teknik belajar yan gefektif seperti ini, saya yakin pasti minat belajar dan menghafal siswa makin meningkat saja.. ^_^
Anonymous said…
Saya baru saja naik ke kelas 9,saya benar2 kecewa karena saya mendapat peringkat 5.semoga ini bisa membantu saya masuk ke sma favorit saya aminnn
Unknown said…

LegendaQQ.Net

Pilihan Terbaik Untuk Permainan Kartu Sang

LEGENDARIS !!!
Min Depo 20Rb !!!
Kartu Para Sang LEGENDA !!!
WinRate Tertinggi !!!


Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online

Fasilitas BANK yang di sediakan :

- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon

Tunggu apalagi Boss !!! langsung daftarkan

diri anda di Legenda QQ

Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama

kami !!!
Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar"

nya !!!

Contact Us :
+ live chat : legendapelangi.com
+ Skype : Legenda QQ
+ BBM : 2AE190C9
Unknown said…
Ebook motivasi
https://account.ratakan.com/aff/go/putri22?i=240

Popular posts from this blog